Pemkab Samosir Peringati HKN Dirangkai dengan Hari Ulos Nasional, dan Penyerahan Bantuan Peralatan UMKM

Pemkab Samosir menggelar upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional dan Hari Ulos Nasional yang jatuh pada Hari Senin (17/10/2022).

topmetro.news – Pemkab Samosir menggelar upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional dan Hari Ulos Nasional yang jatuh pada Hari Senin (17/10/2022). Kemudian berlanjut dengan penyerahan bantuan peralatan koperasi, usaha kecil dan menengah.

Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Bupati Samosir, Senin (17/10/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST. Sedangkan pesertaadalah seluruh pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Samosir.

Di mana pada kesempatan itu mereka dengan serempak mengenakan Ulos. Hal itu sebagai bentuk peringatan Hari Ulos Nasional.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom ST dalam arahannya mengatakan, momen peringatan Hari Kesadaran Nasional pada tanggal 17 tiap bulan, memiliki makna penting untuk memantapkan kualitas pengabdian dan kecintaan kepada bangsa dan negara.

“Momentum ini akan semakin memperkuat solidaritas, kebersamaan, kekompakan serta persatuan dan kesatuan,” katanya.

Pada momen kali ini, juga berlangsung penyerahan bantuan peralatan kegiatan pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah kepada para pegiat koperasi dan UMKM di Samosir. Di mana pembiayaannya bersumber dari Pemprov Sumut dan Pemkab Samosir.

Jenis Bantuan

Ada pun bantuan dari Pemprov sumut berupa pompa sprayer, sepatu boot, mesin pembabat rumput, mesin pemecah kemiri, mesin pemipil jagung, mesin pemotong padi, meja kerja, lemari besi, ‘filing cabinet’, kursi kerja, komputer, meja komputer, dan seperangkat ATBM.

Sedangkan dari Pemkab Samosir, berupa laptop, satu set mesin pertukangan kayu dan fasilitas akte koperasi. Bupati meminta agar bantuan itu benar-benar bisa bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup dan peningkatan perekonomian serta kesejahteraan.

“Untuk itu, kami mangucapkan selamat berkarya bagi penggiat koperasi dan UMKM penerima bantuan. Jadilah penggiat yang berkarya dan mengembangkan produk UMKM Samosir sehingga menjadi produk yang unggul,”: harapnya.

Selanjutnya, kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkab Samosir, Vandiko T Gultom meminta agar mempedomani tiga prinsip kerja. Yakni bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas. “Jadilah menjadi panutan di lingkungan kerja masing-masing dan di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Dalam memeriahkan Hari Ulos, Bupati mengaharapkan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Samosir, setelah upacara Hari Kesadaran Nasional, agar bergabung dalam Perayaan Hari Ulos. Perayaan itu berlangsung di Kompleks Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mulamula.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment